Game YS Flight Simulation adalah game simulasi pesawat terbang yang berlisensi gratis dengan fitur yang cukup lengkap. Di dalamnya tersedia lebih dari
30 macam pesawat yang bisa diterbangkan, mulai dari helikopter
seperti Cobra dan Apache, pesawat penumpang seperti Boeing dan AirBus,
pesawat Hercules, pesawat tempur baik model lama maupun model baru
seperti Hurricane dan F-16 Fighting Falcone, hingga pesawat Concorde.
Semuanya bisa anda coba. Dalam program simulator ini, anda bisa melakukan:
- Landing dan take off (mendarat dan terbang).
- Combat / pertempuran udara dengan pesawat lain, baik dengan komputer maupun dengan teman lain melalui jaringan komputer.
- Menyerang target bangunan yang ada di daratan.
- Menerbangkan menggunakan formasi terbang (akrobatik), dan
- Mengeluarkan asap untuk membuat gambar di udara.
Di samping itu, anda bisa melihat pesawat dengan dari berbagai sudut pandang kamera, baik di dalam pesawat (kokpit) maupun dari luar pesawat. Program game ini ada dua versi yaitu versi OpenGL untuk tampilan grafis yang lebih baik, dan versi standar untuk tampilan grafis yang lebih sederhana. Anda bisa mencoba dulu yang versi OpenGL, jika ternyata komputer anda tidak terlalu mampu menjalankannya (ditandai dengan gerakan yang patah-patah), maka anda cukup menggunakan versi standar.
Kekurangan dari game ini adalah dari segi grafis. Tampilan grafisnya tidak seperti pada game simulator besar lain seperti Microsoft Flight Simulator yang mempunyai efek grafis yang sangat indah, YS Flight memiliki grafis yang terbilang sederhana. Tetapi itu tidak menjadi persoalan, karena dengan lisensi yang gratis ditambah dengan fitur-fitur lainnya yang cukup lengkap untuk simulasi pesawat terbang, maka anda akan bisa menikmati menerbangkan pesawat ataupun melakukan pertempuran udara.
Tips-tips Bermain
- Bagi pemula, ada baiknya melakukan latihan pendaratan lebih dahulu sampai mahir, karena mendaratkan pesawat lebih sulit dari menerbangkannya. Yaitu klik menu Simulation > Landing Practice. Di sana tersedia berbagai level untuk latihan pendaratan, mulailah dari level 1 (yang paling mudah), dan seterusnya.
- Setiap penerbangan ataupun combat akan terekam secara otomatis. Rekaman ini bisa diputar kembali dengan mengakses menu Simulation > Replay Record. Saat melihat rekaman, anda bisa menggunakan berbagai sudut pandang kamera (tombol F1 ~ F10).
- Untuk membuat penerbangan sendiri, klik menu Simulation > Create New Flight. Lalu pilih pesawat yang akan digunakan, klik OK atau tekan tombol spasi, lalu pilih lapangan udara. Kemudian klik Simulation > Fly untuk memulai.
- Untuk berhenti saat sedang dalam penerbangan, tekan tombol ESC.
- Untuk membuat combat / pertarungan udara melawan pesawat lain, klik menu Simulation > Create Air Combat. Lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya. Untuk memulai, klik Simulation > Fly.
- Anda bisa juga membuka file dari menu File > Open Flight.
- Landing dan take off (mendarat dan terbang).
- Combat / pertempuran udara dengan pesawat lain, baik dengan komputer maupun dengan teman lain melalui jaringan komputer.
- Menyerang target bangunan yang ada di daratan.
- Menerbangkan menggunakan formasi terbang (akrobatik), dan
- Mengeluarkan asap untuk membuat gambar di udara.
Di samping itu, anda bisa melihat pesawat dengan dari berbagai sudut pandang kamera, baik di dalam pesawat (kokpit) maupun dari luar pesawat. Program game ini ada dua versi yaitu versi OpenGL untuk tampilan grafis yang lebih baik, dan versi standar untuk tampilan grafis yang lebih sederhana. Anda bisa mencoba dulu yang versi OpenGL, jika ternyata komputer anda tidak terlalu mampu menjalankannya (ditandai dengan gerakan yang patah-patah), maka anda cukup menggunakan versi standar.
Kekurangan dari game ini adalah dari segi grafis. Tampilan grafisnya tidak seperti pada game simulator besar lain seperti Microsoft Flight Simulator yang mempunyai efek grafis yang sangat indah, YS Flight memiliki grafis yang terbilang sederhana. Tetapi itu tidak menjadi persoalan, karena dengan lisensi yang gratis ditambah dengan fitur-fitur lainnya yang cukup lengkap untuk simulasi pesawat terbang, maka anda akan bisa menikmati menerbangkan pesawat ataupun melakukan pertempuran udara.
Tips-tips Bermain
- Bagi pemula, ada baiknya melakukan latihan pendaratan lebih dahulu sampai mahir, karena mendaratkan pesawat lebih sulit dari menerbangkannya. Yaitu klik menu Simulation > Landing Practice. Di sana tersedia berbagai level untuk latihan pendaratan, mulailah dari level 1 (yang paling mudah), dan seterusnya.
- Setiap penerbangan ataupun combat akan terekam secara otomatis. Rekaman ini bisa diputar kembali dengan mengakses menu Simulation > Replay Record. Saat melihat rekaman, anda bisa menggunakan berbagai sudut pandang kamera (tombol F1 ~ F10).
- Untuk membuat penerbangan sendiri, klik menu Simulation > Create New Flight. Lalu pilih pesawat yang akan digunakan, klik OK atau tekan tombol spasi, lalu pilih lapangan udara. Kemudian klik Simulation > Fly untuk memulai.
- Untuk berhenti saat sedang dalam penerbangan, tekan tombol ESC.
- Untuk membuat combat / pertarungan udara melawan pesawat lain, klik menu Simulation > Create Air Combat. Lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya. Untuk memulai, klik Simulation > Fly.
- Anda bisa juga membuka file dari menu File > Open Flight.
Screenshot
Struktur Pesawat
Badan pesawat (Inggris: fuselage; dari bahasa Prancis fuselé yang berarti "berbentuk gelendong") adalah bagian badan utama sebuah pesawat dimana awak pesawat , penumpang atau kargo ditempatkan. Pada pesawat bermesin tunggal badan pesawat biasanya juga berisi mesin, meskipun di beberapa pesawat amfibi mesin tunggal biasanya terpasang pada tiang
yang melekat pada badan pesawat , dimana badan pesawat digunakan untuk
mengambang. Badan pesawat juga berfungsi untuk mengontrol posisi dan
permukaan penyetabil dalam hubungannya untuk permukaan angkat , hal ini
diperlukan untuk stabilitas dan manuver pesawat.
Tipe-Tipe Strukrur
- 1: Subsonik
- 2: Kecepatan tinggi / supersonik
- 3: Kapasitas besar subsonik
- 4: Mampu manuver tinggi supersonik
- 5: Kapal terbang
- 6: Hipersonik
Struktur Palang Kotak
Unsur struktural mirip dengan sebuah jembatan, dengan penekanan pada
segitiga dengan menggunakan unsur-unsur terkait. Bentuk yang aerodinamis
diisi oleh unsur-unsur tambahan yang disebut former dan Longeron
dan kemudian ditutup dengan kain dan dicat. Pesawat paling awal
menggunakan teknik ini dengan kayu dan kawat gulungan dan jenis struktur
ini masih digunakan di banyak pesawat ringan menggunakan las-lasan tabung baja. Metode ini terutama cocok untuk Pesawat terbang rekayasaproyek
amatir, di mana struktur palang dilas lengkap dikirimkan dengan
pemasangan komponen lain, pembungkusan, dan penyelesaian dilakukan oleh
pengguna, untuk memastikan bahwa struktur bantalan beban yang kuat dan
seragam ada di dalam setiap pesawat yang selesai dirakit. Sebuah kotak
truss struktur badan pesawat juga dapat dibangun dari kayu-sering
ditutupi dengan kayu lapis-seperti dapat dilihat pada Badan Pesawat
Ibis.
Konstruksi Geodesik
Elemen-elemen struktural Geodesik digunakan oleh Barnes Wallis untuk pesawat Inggris Vickers untuk membentuk seluruh pesawat di antara kedua perang dunia dan di dalam Perang Dunia II
, termasuk bentuk aerodinamis. Dalam jenis konstruksi ini beberapa
stringers lembaran datar disatukan dengan former dalm bentuk spiral yang
berlawanan arah, membentuk sebuah struktur berpenampilan mirip
keranjang. Hal ini terbukti ringan, kuat, kaku dan memiliki keuntungan
karena dibuat hampir seluruhnya dari kayu. Konstruksi serupa dengan
menggunakan alumunium alloy digunakan dalam pesawat Vickers Warwick
dengan bahan lebih sedikit daripada bahan yang diperlukan untuk jenis
struktural lainnya. Struktur geodesik juga cukup kuat sehingga dapat
bertahan dari kerusakan lokal tanpa bencana kegagalan. Sebuah kain
penutup pada struktur akan menyempurnakan bagian aerodinamik (lihat Vickers Wellington
untuk contoh kapal terbang perang besar yang menggunakan proses ini).
Evolusi logis dari konstruksi ini adalah penciptaan badan pesawat
menggunakan kayu lapis yang dicetak, di mana beberapa lembar kayu lapis
diletakan dalam arah yang berbeda untuk menjadi struktur tipe monokok
seperti yang dijelaskan di bawah ini.
Keping Monokok
Dalam metode ini, permukaan luar pesawat juga merupakan struktur primer. Tipikal bentuk awal ini (lihat Lockheed Vega) dibangun dengan menggunakan kayu lapisyang dibentuk, di mana lapisan kayu lapis terbentuk atas "plug" atau dalam jamur. Sebuah kemudian bentuk struktur ini menggunakan serat kaca
kain diresapi dengan polyester atau epoxy resin, bukan kayu lapis,
sebagaimana kulit. Bentuk sederhana ini digunakan dalam beberapa pesawat
buatan amatir menggunakan plastik busa diperluas kaku sebagai inti,
dengan menutupi fiberglass, menghilangkan perlunya fabrikasi cetakan,
tetapi membutuhkan lebih banyak upaya dalam menyelesaikan (lihat Rutan VariEze). Contoh yang lebih besar pesawat kayu lapis dibentuk adalah de Havilland nyamuk tempur / pembom ringan dari Perang Dunia II.
Perlu dicatat bahwa tidak ada kayu lapis kulit pesawat benar-benar
monocoque, karena elemen kaku dimasukkan ke dalam struktur
terkonsentrasi untuk membawa beban yang seharusnya gesper kulit tipis.
Penggunaan molded fiberglass menggunakan negatif ( "perempuan") cetakan
(yang memberikan hampir selesai produk) adalah lazim dalam rangkaian
produksi modern sailplane s. Penggunaan dibentuk komposit untuk struktur pesawat sedang diperluas untuk pesawat penumpang besar seperti Boeing 787. Dreamliner (menggunakan tekanan-molding pada cetakan perempuan).
Semi Monokok
Ini adalah metode paling disarankan untuk membangun semua- aluminium pesawat. Pertama, serangkaian frame dalam bentuk penampang badan pesawat akan disimpan dalam posisi pada kaku fixture, ataujig. Bingkai ini kemudian bergabung dengan unsur-unsur longitudinal ringan disebut stringers. Ini pada gilirannya ditutup dengan lembaran kulit aluminium, terikat oleh keling
ing atau oleh ikatan dengan perekat khusus. The fixture ini kemudian
dibongkar dan dikeluarkan dari pesawat selesai shell, yang kemudian
dilengkapi dengan kabel, kontrol, dan perlengkapan interior seperti
kursi dan barang-barang sampah. Paling modern pesawat besar yang
dibangun dengan menggunakan teknik ini, tetapi menggunakan beberapa
bagian besar yang dibangun dengan cara ini yang kemudian bergabung
dengan pengikat
s untuk membentuk badan pesawat lengkap. Sebagai keakuratan dari produk
akhir ditentukan terutama oleh fixture mahal, formulir ini cocok untuk
produksi seri, di mana sejumlah besar pesawat identik yang dihasilkan.
Contoh-contoh awal dari jenis ini termasuk Douglas Aircraft DC-2 dan DC-3 pesawat sipil dan Boeing B-17 Flying Fortress. Kebanyakan logam pesawat ringan dibangun menggunakan proses ini.
Baik monocoque dan semi-monocoque yang disebut sebagai "kulit
menekankan" struktur sebagai semua atau sebagian dari beban eksternal
(yakni dari sayap dan empennage, dan dari massa diskrit seperti mesin)
diambil oleh menutupi permukaan. Selain itu, semua beban dari internal tekanan udara dibawa (sebagai ketegangan kulit) dengan kulit eksternal.
Galeri Sejarah Pesawat-Pesawat yang Telah Mendunia
Galeri Sejarah Pesawat-Pesawat yang Telah Mendunia
Spoiler for 737-100:
First Order:02/15/65
First Flight:04/09/67
First Airline in service:Lufthansa
Spoiler for 737-200:
First Order:04/05/65
First Flight:08/08/67
First Airline in service:United
Spoiler for 737-200C:
First Order:02/15/66
First Flight:09/18/68
First Airline in service:Wien Consolidated
Spoiler for 737-200Adv:
First Order:07/16/70
First Flight:04/15/71
First Airline in service:All Nippon
Spoiler for 737-400:
First Order:06/04/86
First Flight:02/19/88
First Airline in service:Piedmont
Spoiler for 737-500:
First Order:05/20/87
First Flight:06/30/89
First Airline in service:Southwest(USA)
Spoiler for 737-700:
First Order:11/17/93
First Flight:02/09/97
First Airline in service:Southwest(USA)
Spoiler for 737-800:
First Order:09/05/94
First Flight:07/31/97
First Airline in service:Hapag-Lloyd(Germany)
Spoiler for 737-900:
First Order:11/10/97
First Flight:08/03/00
First Airline in service:Alaska(USA)
Spoiler for 737-900ER:
First Order:07/18/05
First Flight:-
First Airline in service:Lion Air
BOEING 747 SERIES
Spoiler for 747-100/SR/B:
First Order:04/13/66
First Flight:02/09/69
First Airline in service:Pan Am
Spoiler for 747-200:
First Order:12/19/68
First Flight:12/23/70
First Airline in service:KLM
Spoiler for 747-200F:
First Order:03/03/69
First Flight:11/30/71
First Airline in service:Lufthansa
Spoiler for 747-200C:
First Order:03/27/72
First Flight:03/23/73
First Airline in service:World Airways
Spoiler for 747SP:
First Order:09/10/73
First Flight:07/04/75
First Airline in service:Pan Am
Spoiler for 747-200M:
First Order:04/08/74
First Flight:11/18/74
First Airline in service:Air Canada
Spoiler for 747-300M:
First Order:06/11/80
First Flight:02/14/83
First Airline in service:Swissair
Spoiler for 747-400M:
First Order:04/09/86
First Flight:06/30/89
First Airline in service:KLM
Spoiler for 747-400D:
First Order:12/18/88
First Flight:03/18/91
First Airline in service:Japan Air Lines
Spoiler for 747-400F:
First Order:09/13/89
First Flight:05/04/93
First Airline in service:Cargolux
Spoiler for 747-400ERF:
First Order:04/17/01
First Flight:09/02
First Airline in service:Air France
Spoiler for 747-8F:
First Order:11/14/05
First Flight:2/8/10
First Airline in service:Cargolux
Spoiler for 747-8:
First Order:12/6/06
First Flight:-
First Airline in service:Lufthansa
Spoiler for 767-200ER:
First Order:12/16/82
First Flight:03/06/84
First Airline in service:Ethiopian Airlines
Spoiler for 767-300F:
First Order:01/15/93
First Flight:06/20/95
First Airline in service:United Parcel Service
BOEING 777 SERIES
Spoiler for 777-200:
First Order:10/15/90
First Flight:06/12/94
First Airline in service:United Airlines
Spoiler for 777-200ER:
First Order:06/14/91
First Flight:10/07/96
First Airline in service:British Airways
Spoiler for 777-200LR:
First Order:02/27/00
First Flight:03/08/05
First Airline in service:Pakistan International Airlines
Spoiler for 777-300:
First Order:06/14/95
First Flight:10/16/97
First Airline in service:Cathay Pacific Airways
Spoiler for 777-300ER:
First Order:03/31/00
First Flight:02/24/03
First Airline in service:Air France
Spoiler for 777 Freighter:
First Order:05/24/05
First Flight:07/14/08
First Airline in service:Air France
BOEING 787 DREAMLINER
[/spoiler]
Spoiler for 787 DREAMLINER:
Spoiler for 787 DREAMLINER:
Sekian trit dari saya Gan. Kalau kurang berkenan saya mohon maaf dan kalau bermanfaat buat agan boleh dong saya dibagi dan jangan lupa di COMMENT dan di RATE.
Terimakasih Gan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar